Pembinaan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam Rangka Menghadapi Pemilu 2024

  • Jan 12, 2024
  • Tegalagung

Pada hari Kamis (11/ 01/ 2024) di balai pertemuan Desa Tegalagung Jl. Mojopahit II, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dilangsungkan kegiatan pembinaan Linmas untuk pengamanan Pemilu 2024 yang diikuti 31 orang anggota linmas se Desa Tegalagung. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Babinsa Tegalagung Serda Lono Mulyo, Polmas Aiptu Yudi Eko Pramono, Kades Tegalagung Sutomo, serta seluruh perangkat Desa Tegalagung.

Dalam kesempatan tersebut narasumber Aiptu Yudi Eko Pramono menyampaikan bahwa tugas Linmas dalam Pemilu 2024 adalah melakukan pengamanan pada tiap-tiap TPS di Desa Tegalagung yang dengan ini diharapkan terciptanya ketertiban di tiap-tiap TPS. Beliau juga mengingatkan bahwa tugas Linmas juga menjaga sejak kotak suara didrop ke balai desa, mengawal menuju TPS masing-masing, lalu mengawal hasil penghitungan suara sampai ke Balai Desa untuk dikumpulkan kembali ke Kecamatan. Aiptu Yudi juga menegaskan “tidak berhenti disitu tugas Linmas bukan hanya saat Pemilu tapi juga harus menjadi satuan keamanan tingkat desa yang sangat amat diperlukan kapanpun”.

Menyambung materi sebelumnya dengan mengutip pepatah jawa ajining raga saka busana, Serda Lono Mulyo menyampaikan bahwa penggunaan atribut Linmas harus sesuai, rapi dan ditata sebagus mungkin, menurut beliau kerapian dan kesigapan Linmas sangat perlu diperhatikan karena berdampak menciptkan kesan bagaimana orang melihat. Beliau juga mencontohkan bagaimana cara memakai seragam beserta atribut Linmas secara baik dan benar.

Setelah acara pembinaan selesai dilanjutkan dengan pembagian seragam baru pada seluruh anggota linmas DesaTegalagung. Para peserta pembinaan dengan antusias memperhatikan seluruh pemaparan materi dan mengikuti seluruh rangkaian acara hingga selesai. (han)